Menu

Mode Gelap
Tips Terbaik untuk Pengurusan CDOD yang Efektif dan Efisien Sederhanakan Proses Regulasi dengan Pengurusan BPOM Tangerang yang Efektif Profesional, Cepat, dan Terpercaya – Jasa Pengurusan BPOM Tangerang yang Anda Butuhkan Memahami Konsep Virtual Office dan Bagaimana Menerapkannya dengan Tepat Menggali Lebih Dalam: Virtual Office dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda Manfaat Virtual Office: Solusi Efektif untuk Bisnis Modern

Legalitas Usaha

Syarat Administrasi Untuk Izin Mendirikan Yayasan

Avatar photobadge-check
0
(0)
Syarat Administrasi Untuk Izin Mendirikan Yayasan

RUANGOFFICE

 – Secara umum, masyarakat Indonesia sudah mengenal kata “Yayasan”. Bahkan, sudah banyak yang mendirikan Yayasan itu sendiri. Baik itu Yayasan sosial, agama, dan sebagainya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa pengertian dari Yayasan?Yayasan merupakan suatu badan hukum yang di dalamnya terdiri atas beberapa kekayaan yang telah dipisahkan serta diperuntukkan demi mencapai suatu tujuan tertentu pada bidang keagamaan, sosial, dan juga kemanusiaan. Yayasan tersebut pastinya tidak memiliki anggota.Untuk mendirikan suatu Yayasan, seseorang tidak boleh sembarangan dalam mendirikannya. Sebab, dalam mendirikan sebuah Yayasan, haruslah memiliki Izin terlebih dahulu dari suatu lembaga tertentu. Hal ini sebagaimana tercantum dalam dasar hukum sebagai berikut :Undang-Undang nomor 28 tahun 2004, mengenai perubahan terhadap Undang-Undang nomor 16 tahun 2001 tentang Yayasan.

PP nomor 63 tahun 2008, mengenai Pelaksanaan Undang-Undang tentang Yayasan.

Dari dasar hukum di atas, apakah terdapat beberapa aturan dalam mendirikan Yayasan? Jawabannya, tentu saja ada.Nah, agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa prosedur dan syarat administrasi yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu untuk Izin Mendirikan Yayasan.Sebelum Anda mendirikan Yayasan, pastikan Anda mengurus izin dan mempersiapkan syarat administrasi terlebih dahulu, di antaranya yaitu :

Pertama

, Yayasan dapat didirikan oleh satu (1) atau lebih orang dengan cara memisahkan sebagian dari harta kekayaan Pendiri Yayasan sebagai kekayaan awal.

Kedua

, pendiri mendaftarkan Yayasan yang akan didirikan agar dibuatkan Akta Pendirian Yayasan dalam bahasa Indonesia. Apabila pendiri Yayasan tersebut berhalangan hadir, maka bisa diganti oleh pihak lain dengan cara membuat Surat Kuasa.

Ketiga

, fotocopy beberapa dokumen yang terdiri dari :Akta Notaris yang sudah dilegalisasi oleh Lembaga Pengadilan Negeri setempat.

Surat Keterangan Domisili Yayasan dari Kelurahan setempat.

Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Yayasan.

Susunan Organisasi Pengurus Yayasan dan KTP Pengurus Yayasan bersangkutan.

Bukti Pembayaran PBB pada tahun terakhir.

Itulah beberapa persyaratan administrasi yang sebelumnya harus Anda penuhi untuk Izin Pendirian Yayasan. Syarat administrasi tersebut tentunya sangat penting untuk melakukan proses atau prosedur selanjutnya.Jika persyaratan administrasi di atas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah Anda bisa melakukan prosedur Izin Pendirian Yayasan. Prosedur tersebut di antaranya sebagai berikut :Pengurus ataupun Pendiri Yayasan maupun seseorang yang telah diberi kuasa bisa mengambil formulir isian Pendirian Yayasan yang terdapat di kantor Suku Dinas Sosial yang berada di masing-masing Kabupaten atau Kota.

Pendiri Yayasan harus membuat Surat Permohonan yang pada umumnya ditujukan kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi.

Menyerahkan Formulir isian yang sebelumnya sudah diisi bersama Surat Permohonan yang telah dibuat, dan disertakan dengan melampirkan perlengkapan syarat administrasi.

Petugas yang berasal dari Dinas Sosial harus melakukan peninjauan terhadap Lokasi Pendirian Yayasan dan mengecek.

Keberadaan Yayasan yang akan didirikan.

Mengenal para Pengurus Yayasan yang bersangkutan.

Melihat serta meninjau segala macam aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan.

Petugas Dinas Sosial yang telah meninjau Yayasan bersangkutan tersebut kemudian lapor ke Dinas Sosial guna mendapatkan Tanda Daftar yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Sosial.

Surat Tanda Daftar Pendirian Yayasan dapat diambil di Kantor Suku Dinas Sosial yang terdapat di masing-masing Kabupaten atau Kota.

Demikianlah beberapa prosedur serta persyaratan administrasi yang akan diperlukan jika ingin mendirikan Yayasan. Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk pengurusan Izin Mendirikan Yayasan dan legalitasnya, serahkan saja kepada kami dari 

R

uangOffice

 atau 

R

uangOffice

.Kami adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas tepercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda untuk mendirikan Yayasan berbadan hukum dengan tujuan sosial, agama, maupun kemanusiaan.Keunggulan dari layanan kami adalah peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan kosultasi hukum pada orang yang ahli.Soal biaya, jika Anda ingin memesan jasa Konsultan dari kami, maka Anda hanya perlu menyiapkan biaya Pendirian Yayasan sekitar 

7 Juta

. Semua pelayanan tersebut akan Anda dapatkan hanya dalam satu paket biaya Pendirian Yayasan dan Perkumpulan, dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera hubungi tim Marketing kami 

DI SINI 

untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk diskusikan lebih lanjut, apa saja yang dibutuhkan agar Anda bisa segera dapat memulai usaha Anda.Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.Untuk selanjutnya, Anda bisa menjalankan program kerja secara profesional, yakni dengan adanya managemen kerja yang telah terencana dengan baik. So, start your business right bersama 

R

uangOffice

!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada rating sejauh ini! Jadilah yang pertama menilai artikel ini.

Baca Lainnya

Perbedaan PT dan CV: Pilih Mana untuk Bisnis Anda?

24 September 2024 - 08:36 WIB

Perbedaan PT dan CV

Cara Membuat PT dengan Virtual Office di Indonesia

24 September 2024 - 08:34 WIB

membuat pt dengan virtual office

Keterangan Firma: Panduan Lengkap dan Terpercaya

23 September 2024 - 08:48 WIB

keterangan firma

Panduan Ketentuan PMA di Indonesia 2023

23 September 2024 - 08:47 WIB

ketentuan pma di indonesia

Panduan Ketentuan Perseroan Terbatas di Indonesia

23 September 2024 - 08:45 WIB

ketentuan perseroan terbatas

Pedoman Lengkap Ketentuan Pendirian PT di Indonesia

23 September 2024 - 08:45 WIB

ketentuan pendirian pt
Trending di Legalitas Usaha