Menu

Mode Gelap
Tips Terbaik untuk Pengurusan CDOD yang Efektif dan Efisien Sederhanakan Proses Regulasi dengan Pengurusan BPOM Tangerang yang Efektif Profesional, Cepat, dan Terpercaya – Jasa Pengurusan BPOM Tangerang yang Anda Butuhkan Memahami Konsep Virtual Office dan Bagaimana Menerapkannya dengan Tepat Menggali Lebih Dalam: Virtual Office dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda Manfaat Virtual Office: Solusi Efektif untuk Bisnis Modern

Konsultan

Tahapan Membuat Surat Keterangan Usaha Untuk Bisnis

Avatar photobadge-check
0
(0)
Tahapan Membuat Surat Keterangan Usaha Untuk Bisnis

RUANGOFFICE

 – Sebuah bisnis tentunya tidak bisa terlepas dari berbagai macam persyaratan dokumen, termasuk juga surat-surat penting seperti Surat Keterangan Usaha. Jadi, jika saat ini Anda akan membangun suatu bisnis namun tanpa memperhatikan perizinan dan surat-surat, maka bisnis Anda akan diklasifikasikan sebagai usaha yang ilegal atau tidak resmi.Untuk mengurus Surat Keterangan Usaha sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa langkah yang harus Anda penuhi agar Surat Keterangan Usaha ini diterbitkan.

Pengertian Surat Keterangan Usaha

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Surat Keterangan Usaha merupakan bukti legal atas berdirinya suatu usaha. Surat keterangan ini sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang baru merintis usaha atau bisnis. Karena surat ini diperlukan ketika Anda akan mengajukan kredit usaha ataupun beberapa hal lainnya terkait perizinan.Oleh karena itu, segera daftarkan usaha Anda agar operasional bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Fungsi Surat Keterangan Usaha

Sebagai Syarat Pembuatan NPWP.

Pada dasarnya setiap badan usaha wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak (WP) apabila usaha tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Tak hanya untuk individu, namun sebuah usaha juga wajib untuk mendaftarkan diri ke Kantor Pajak untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).Nah, salah satu syarat untuk mendapatkan NPWP adalah dengan melampirkan Surat Keterangan Usaha. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan beberapa syarat pendukung lainnya ketika ingin membuat NPWP untuk bisnis Anda.Sebagai Syarat Perubahan Tarif Golongan Listrik.

Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan antara tarif golongan listrik rumah tangga dan tarif golongan listrik untuk bisnis. Dan kabar baiknya adalah tarif golongan listrik untuk bisnis lebih murah.Tarif golongan listrik yang khusus untuk usaha berskala kecil dan menengah (UKM) disebut Tarif B1. Sedangkan tarif untuk rumah tanggal yang paling populer adalah Tarif RI 1.Untuk dapat beralih dari Tarif RI 1 ke Tarif B1, maka Anda harus melengkapi beberapa dokumen persyaratan, termasuk Surat Keterangan Usaha.Sebagai Bukti Legalitas Usaha.

Sudah sangat jelas sekali bahwa Surat Keterangan Usaha sangat berguna dan merupakan dokumen otentik untuk membuktikan bahwa usaha yang Anda miliki merupakan usaha yang legal di mata hukum.Sebagai Syarat Pengajuan Kredit Bank.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap usaha pastinya membutuhkan modal untuk dapat bertahan dan berkembang, terutama usaha Kecil. Nah, untuk mendapatkan modal tambahan, biasanya para pengusaha akan mengajukan pinjaman kredit di Bank.Tanpa adanya Surat Keterangan Usaha, maka Anda akan sulit mendapatkan pinjaman kredit dari Bank.Sebagai Syarat Untuk Mengikuti Lelang atau Tender.

Apabila usaha yang Anda ingin mengikuti tender atau pelelangan, maka wajib hukumnya untuk melampirkan Surat Keterangan Usaha ketika melakukan pendaftaran.Nah, fungsi dari melampirkan Surat Keterangan Usaha bukan hanya untuk meyakinkan bahwa bisnis Anda adalah bisnis legal saja, tetapi juga untuk memastikan bahwa program lelang atau tender yang Anda ikuti juga merupakan program yang legal.

Tahapan Pengurusan Surat Keterangan Usaha

Sebelum mengurus Surat Keterangan Usaha, pastikan Anda telah memiliki beberapa dokumen wajib, diantaranya adalah :Surat Pengantar RT dan RW.

Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kartu Keluarga (KK).

Surat Pernyataan/ Surat Permohonan.

Untuk dokumen seperti KTP dan KK, pastikan Anda telah menyediakan beberapa lembar fotocopy di saat pengajuan. Dan untuk mendapatkan surat keterangan RT/ RW, maka Anda harus membawa KK dan KTP ke petugas RT/ RW di lingkungan setempat. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai surat pengantar RT/ RW diterbitkan.Setelah mendapatkan surat pengantar RT dan RW, langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor Kelurahan dengan membawa seluruh dokumen seperti KTP, KK, dan Surat Pengantar RT dan RW.Di kantor Kelurahan, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan Surat Keterangan Usaha. Pastikan seluruh data yang Anda isi dalam formulir adalah benar dan tidak terdapat kesalahan. Apabila Surat Keterangan Usaha telah berhasil diterbitkan, maka langkah terakhir adalah mendatangi kantor Kecamatan.Di kantor Kecamatan, Surat Keterangan Usaha milik Anda akan ditandatangani dan distempel untuk menjamin keaslian dari surat tersebut.Jika semua tahap sudah dilakukan, maka Anda sudah bisa mendapatkan Surat Keterangan Usaha untuk bisnis Anda.Demikianlah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuat Surat Keterangan Usaha untuk bisnis. Selama seluruh dokumen yang dibutuhkan bisa Anda penuhi, maka pengurusan Surat Keterangan Usaha sangatlah mudah.Perlu diingat bahwa adanya Surat Keterangan Usaha ini sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Maka pastikan bisnis Anda memiliki Surat Keterangan Usaha. Terimakasih telah berkunjung di website 

R

uangOffice

 

atau 

R

uangOffice

.Kami perusahaan perizinan usaha yang melayani berbagai pengurusan Izin Usaha, termasuk Surat Keterangan Usaha, dengan proses cepat tanpa ribet.Di 

R

uangOffice

, Anda bisa dengan mudah membuat dokumen-dokumen penting perusahaan dengan cepat dan murah. Karena kami adalah perusahaan Jasa Pengurusan Izin Usaha yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan didukung pula oleh tim ahli yang bekerja secara profesional.Semua pengurusan pastinya akan dilakukan sesuai dengan prosedur, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan cepat selesai serta dengan hasil yang memuaskan. Anda tidak perlu khawatir, karena kami selalu melayani konsultasi selama pengurusan perizinan usaha Anda.Apapun Izin Usaha yang ingin Anda urus, jangan ragu untuk menggunakan Biro Jasa kami. Karena kami siap membantu pengurusan berbagai dokumen yang Anda butuhkan.Jika Anda tertarik menggunakan jasa dari 

R

uangOffice.com

, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami 

DI SINI

 

untuk konsultasi secara GRATIS. Kami memberikan konsultasi bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Kami akan sangat senang bisa membantu Anda.Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha.Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NOJASA LAYANAN PENDIRIANHARGA

1PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.

 

 

 

 Rp 7.000.0002PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.

 

 

 

 Rp 9.000.0003PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.

 

 

 

 Rp 12.000.0004CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.

 

 

 

 Rp 5.000.0005UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP

 

 Rp 5.000.0006YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.

 

 

 

 Rp 7.000.0007KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP

 

 

 

 Rp 15.000.0008PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan

 

 Rp 5.000.0009SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )Rp 1.000.00010PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAANRp 12.000.00011AKTA JUAL BELI SAHAMRp 2.000.00012PKP ( Pengusaha Kena Pajak )Rp 2.000.00013NPWP BADANRp 1.000.00014DOMISILIRp 1.000.00015SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )Rp 1.000.00016TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )Rp 1.000.00017NIB ( Nomor Induk Berusaha )Rp 3.000.00018TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata )Rp 6.000.00019SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi )Rp 12.000.00020API ( Angka Pengenalan Impor )Rp 6.000.00021IUI ( Izin Usaha Industri )Rp 12.000.00022Izin KlinikRp 30.000.00023Izin ApotekRp 12.000.00024Sertifkat Produksi Alat KesehatanRp. 18.000.00025Sertifikat Distribusi Alat KesehatanRp. 12.000.00026Sertifikat Izin Edar KemenkesRp. 12.000.00027PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga)Rp. 12.000.00028ASK ( Angkutan Sewa Khusus )Rp 6.000.00029NIK ( Nomor Induk Kepabeanan )Rp 6.000.00030TDG ( Tanda Daftar Gudang )Rp 12.000.00031HPM ( Hak Paten Merk )Rp 6.000.00032MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition )Rp 6.000.00033BPOM ( Makanan )Rp 25.000.00034BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik )Rp. 45.000.00035Izin Halal / MUIRp. 25.000.00036Uji Lab ( Per Varian )Rp. 3.000.00037SNI ( Standar Nasional Indonesia )Rp 50.000.00038GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia )Rp 15.000.00039ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies )Rp 25.000.00040SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJKRp 39.000.00041SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJKRp 52.000.00040Konsultan PajakHarga Tergantung Pendapatan PerusahaanSegera legalitaskan perusahaan Anda hanya di 

R

uangOffice

! Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami. Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.Ayo langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama 

R

uangOffice

!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada rating sejauh ini! Jadilah yang pertama menilai artikel ini.

Baca Lainnya

Panduan Contoh SPT Tahunan Pajak Anda

17 September 2024 - 11:10 WIB

panduan contoh spt tahunan

Panduan Tarif PPh 23 untuk Wajib Pajak di Indonesia

17 September 2024 - 11:08 WIB

objek pajak pph 23

Panduan Permohonan EFIN Online di Indonesia

17 September 2024 - 11:01 WIB

proses pembuatan efin online

Sederhanakan Proses Regulasi dengan Pengurusan BPOM Tangerang yang Efektif

16 Agustus 2024 - 08:17 WIB

Ruang Office Featured Image

Panduan Lengkap Pengurusan Akta Nikah di Indonesia

14 Agustus 2024 - 08:22 WIB

Ruang Office Featured Image

Pengelolaan IPAL yang Efektif Panduan Lengkap untuk Praktisi Lingkungan

10 Agustus 2024 - 12:38 WIB

Ruang Office Featured Image
Trending di Konsultan